Novartis bantu satu mobil unit donor darah kepada PMI

Kamis, 10 Februari 2011 - 23:23:57 WIB
Diposting oleh : Administrator   Kategori: Kemanusiaan - Dibaca: 5615 kali

JAKARTA, 30 Januari 2013 - Novartis Diagnostics menyerahkan bantuan berupa 1 (satu) mobil unit donor darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Bantuan yang diserahkan oleh Country Head Novartis Diagnostics Dr. Srinivasan Madabushi diterima langsung oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, dalam acara yang diselenggarakan di Markas Pusat PMI, Jakarta.
 Selanjutnya, mobil unit donor darah tersebut akan diserahkan oleh Ketua PP PMI kepada Ketua Pengurus PMI Kota Bandung, Bapak Ade Kusjanto, guna mendukung pelayanan donor darah keliling PMI kepada masyarakat, khususnya di Kota Bandung dan sekitarnya.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), setiap negara membutuhkan komponen darah sekitar dua persen dari total jumlah penduduk sedangkan, menurut PMI, Indonesia hanya mampu menangani sekitar 70% dari kebutuhan darah akibat kekurangan stok darah.

“Mobil unit donor darah ini merupakan sumbangan yang kecil bila dibandingkan jumlah kantong darah di Indonesia akan tetapi hal ini menunjukkan komitmen sosial dan tanggung jawab dari Novartis kepada rakyat Indonesia. Kami berharap agar pelayanan donor darah keliling dapat membantu mengatasi kekurangan suplai darah,” demikian harapan Srinivasan Madabushi.

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Novartis atas bantuan ini. JK menyampaikan,  “Saya mengucapkan terima kasih kepada Novartis yang telah memberikan bantuan berupa 1 (satu) mobil unit donor darah ini. Dengan bertambahnya jumlah armada mobil unit donor darah, diharapkan PMI dapat menjangkau masyarakat lebih banyak bahkan sampai di wilayah pelosok-pelosok. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan para pendonor yang tidak punya waktu atau memiliki kesulitan untuk datang ke PMI, sebab pengambilan darah dapat langsung dilakukan di dalam mobil. Dengan demikian, PMI bisa segera meningkatkan pasokan kantong darah dan mampu memenuhi kebutuhan darah sebanyak 4,8 (empat koma delapan) juta kantong darah setiap tahunnya,”  Demikian Papar Jusuf Kalla.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Dheni Prasetyo, Divisi Pengembangan Sumber Daya, Markas Pusat PMI, HP. 0811 807 0062 atau 021-799 2325 ext. 310. Kontak Media: Anggun Permana Sidiq, Hp.0856 97777 313. Email: pmi@pmi.or.id

 Sumber