PMI Gelar MUKERNAS 2013

Sabtu, 23 Februari 2013 - 16:07:34 WIB
Diposting oleh : Administrator   Kategori: Kemanusiaan - Dibaca: 17634 kali

Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) Tahun 2013 dengan tema “Bekerja Dengan Ikhlas dan Cepat” di Rich Hotel Jogja selama dua hari yaitu Jumat-Sabtu, 22-23 Februari 2013. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla akan membuka Mukernas PMI yang diikuti oleh 127 orang.

Salah satu agenda penting dalam Mukernas kali ini adalah kerjasama yang dilakukan PMI dengan tiga lembaga sekaligus, yaitu Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang pembinaan dan  pembentukan karakter generasi muda, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) tentang perlindungan dan bantuan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Terkait kerja sama dengan BNP2TKI, Ketua umum PMI, Jusuf Kalla menjelaskan, ”Palang Merah dapat masuk ke daerah-daerah yang sulit. Kita akan dapat mengirimkan staf-staf PMI untuk bekerja sama dengan staf Palang Merah setempat dinegara-negara yang memiliki persoalan TKI. Kita akan fokus membantu dalam hal perlindungan TKI.hal ini telah menjadi program internasional Palang Merah untuk turun membantu imigran.”

 
Sementara Ketua Kwartir Gerakan Pramuka, Dr Azrul Azwar mengungkapkan, ”Pramuka dan PMI bekerjasama dalam dua hal yaitu meningkatkan pengabdian kepada masyarakat terutama saat bencana dan pembinaan serta pembentukan karakter generasi muda. Pramuka dan PMI memiliki fungsi yang sama. Pramuka memiki 27 juta anggota, jika disinergikan dengan relawan PMI maka akan menjadi kekuatan yang besar.” jelasnya.

Sedangkan Ketua BNP2TKI, Jumhur Hidayat mengemukakan PMI adalah lembaga yang paling tepat, sehingga kami senang PMI ingin membantu TKI diluar negeri dengan sukarela. Terlebih palang merah memiliki Jaringan Internasional dan kantor-kantor di tiap negara. Ada masalah TKI yang sulit dijangkau pemerintah, tapi bisa dijangkau oleh Palang Merah bahkan di negara konflik dan perang.

Di bawah kepemimpinan Ketua Umum Jusuf Kalla, PMI telah melakukan program kerja tahun 2012 sesuai dengan prioritas Pengurus PMI Pusat, yaitu peningkatan pelayanan donor darah dan donor darah sukarela, memperkuat pelayanan dan penanggulangan bencana dan kesiapsiagaan bencana, serta meningkatkan tindakan pencegahan dalam pelayanan PMI. Disamping program kerja prioritas, PMI Pusat juga telah melakukan program-program reguler, baik dalam upaya penguatan organisasi PMI maupun peningkatan kapasitas pelayanan PMI di daerah. 

Di Program Peningkatan Pelayanan Donor Darah, PMI telah memobilisasi 96 (dari 107) mobil unit donor darah ke 86 Unit Donor Darah (UDD) PMI di 33 PMI Provinsi. Per tahun 2012, total donor darah sukarela (DDS) berjumlah 1.371.638 dari target 2.300.000 pendonor. PMI bersama Pemerintah juga telah memberikan penghargaan Satya Lancana Kebaktian Sosial kepada 1.529 DDS se Indonesia.

Di Program Pelayanan dan Penanggulangan Bencana, PMI Pusat telah mendukung operasi bencana di 63 lokasi PMI Kabupaten/Kota dalam bentuk bantuan logistik, biaya operasional, dan bantuan teknis. Setidaknya 149.711 orang/29.000 KK korban bencana di Indonesia telah memperoleh bantuan atau pelayanan PMI. Di luar negeri, PMI telah memberikan bantuan material bagi korban konflik sosial di Myanmar dan korban Topan Bopha di Filipina Selatan.

PMI juga telah meningkatkan ketahanan masyarakat melalui Program Pengurangan Risiko Bencana Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) dengan mendayagunakan sumber-sumber masyarakat. Program ini telah dilakukan di 14 provinsi, 40 kabupaten/kota, dan 140 desa/kelurahan dengan total 2.800 relawan di masyarakat (Siaga Berbasis Masyarakat/SIBAT) terbentuk di seluruh PMI Kabupaten/Kota dan telah memperoleh manfaat bantuan program ini.

Di program pencegahan, PMI melakukan kegiatan kesiapsiagaan masyarakat untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap wabah, khususnya yang tinggal di wilayah rawan kesehatan atau bencana melalui Program Kesehatan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM). Program ini melahirkan 33 desa binaan di Kabupaten Kapuas (Kalimantan Tengah) dan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah), 171 komite desa dan 750 relawan desa yang berlaku sebagai agen perubahan perilaku dan aksi masyarakat seperti dalam kegiatan promosi kesehatan dan penyuluhan kesehatan.

PMI juga melakukan kegiatan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat untuk mencegah penyakit di wilayah rawan endemik, yaitu pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta, pencegahan penyakit HIV & AIDS di Bali, Jakarta, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat dan Timur, dan kesiapsiagaan pandemi flu burung di 10 kabupaten/kota di Jawa Barat dan Banten. Program melahirkan 20 pasar binaan yang terlibat dalam pelatihan bagi pengelola pasar, pedagang dan konsumen unggas, dan pedagang sehat. 

(Dokumentasi Foto : Achmad Djaelani, Markas Pusat PMI)

informasi lebih lanjutJuliati Susilo, Kepala Divisi Organisasi Markas Pusat PMI, Tlp. 021-799 2325, ext. 223. Kontak media:Aulia Arriani, Hp. 0816 795 379. 

Sumber



Obat Kolesterol
10 Juni 2013 - 10:02:33 WIB
terimakasih utk info nya
cara membuat blog
20 Juni 2013 - 02:05:24 WIB
nice post

Russian Translation Services
27 Juni 2013 - 11:08:06 WIB
Saya ingin sekali mencari informasi tentang pendidikan, sekolah dan sebagainya untuk mencari alternatif apa yang pas untuk dipilih. Semoga anda bisa menerbitkannya. Sukses untuk anda.
Cheese Fondue
30 Juni 2013 - 07:10:46 WIB
Ini sekedar opini saya, yang lagi hangat saat ini soal UU ormas. Waduh, jika bener jadi disahkan menjadi UU, adalah presedent buruk bagi negara kita, mema**ng demokrasi dan bisa mengarah represif. Ormas menjadi wadah organisasi yang murah meriah
www.powerprodukt.de
08 Juli 2013 - 08:36:52 WIB
Lagi nyari kabar baru, buka-buka situs di internet. Lumayan bisa tambah informasi daripada harus beli koran kan repot. Nah, mending buka laptop, browsing lebih praktis. salam sukses aja untuk semua.
pengobatan asma
08 Juli 2013 - 09:59:42 WIB
Mudah2an acaranya bermanfaat buat semua yah...
Volleyball Drills
15 Juli 2013 - 05:24:40 WIB
makasih infonya menarik sekali

buah melon
23 Juli 2013 - 14:56:16 WIB
kegiatan yang sangat bagus sekali, pertanhankan
Back Links
26 Juli 2013 - 09:29:02 WIB
Hadir untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan salam sukses untuk semua. Mungkin hanya bisa saling berpesan untuk selalu semangat dan sabar dalam meniti karir.
Fahrrad Online Shop
26 Juli 2013 - 10:38:27 WIB
terima kasih pak atas semua info yang telah diberikan, sangat membantu kami mendapatkan informasi yang akurat dan sangat menarik ini; dan yg pasti berguna bagi semua masyarakat yang membacanya..terus semangat,kami tunggu info selanjutnya..
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 267 | Next > | Last >>