Diklatsar KSR PMI Kabupaten Sukoharjo

Rabu, 08 Juni 2016 - 18:10:09 WIB
Diposting oleh : Administrator   Kategori: Relawan - Dibaca: 11005 kali

Korps Sukarela PMI kabupaten Sukoharjo mengadakan Pelatihan dan Pendidikan Dasar (diklatsar) angkatan III. Selain untuk regenerasi diklatsar bertujuan untuk  menempa calon relawan PMI supaya siap dalam melaksanakan tugas kemanusiaan. Dalam kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 21-22 Mei 2016 di bumi perkemahan sekipan Tawangmangu Karanganyar dengan mengusung tema “mari terlibat, mari berbuat, bersatu dalam bingkai kemanusiaan” meski dalam pelaksanaan diguyur hujan peserta sangat antusias dan tetap semangat dalam mengikuti semua kegiatan.

Kegiatan ini dibuka oleh ketua PMI Sukoharjo yang diwakilkan Aris Diyanto selaku staf markas yang diikuti sebanyak 33 peserta diklatsar dari berbagai unsur masyarakat yang secara sukarela siap menjadi bagian dari PMI, dalam sambutannya kepada peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan dapat mengamalkan 7 prinsip gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua panitia diklat dan komandan KSR  bahwasannya peserta akan dibekali materi tentang Kepalangmerahann, PPGD, Manajemen Bencana, Kepemimpinan dan Simulasi Bencana.

Pada kegiatan akhir semua peserta dan panitia melakukan longmarch sejauh 7km sebagai wujud mengamalkan 7 prinsip gerakan dan sekaligus mengampanyekan kepada masyarakat luas bahwa PMI memerlukan adanya UU Kepalangmerahan.

Upacara penutupan diklatsar ditutup langsung oleh ketua PMI Sukoharjo yaitu Bapak Sumarsono, S.Sos dan kepala markas Ismoyo Sidiq sekaligus mengukuhkan peserta menjadi anggota KSR PMI Sukoharjo dengan harapan dapat menjadi generasi penerus yang siap mengamalkan prinsip dasar gerakan dan selalu siap menjadi bagian PMI jika sewaktu-waktu ditugaskan dalam misi kemanusiaan.