Tingkatkan Kualitas Posko, Sejumlah Relawan Petugas Posko PMI di Bimtek

Senin, 04 Februari 2019 - 11:53:07 WIB
Diposting oleh : admin1   Kategori: Relawan - Dibaca: 50 kali

PMI Sukoharjo – Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sistem pelaporan dan keakuratan data Posko PMI, sejumlah Relawan PMI Kabupaten Sukoharjo diberikan Bimbingan Teknis Posko di Aula Markas PMI Kabupaten Sukoharjo, Minggu (2/2).

Kepala Markas PMI Kabupaten Sukoharjo Ismoyo Sidiq mengatakan, beberapa waktu lalu Kabid PB PMI Sukoharjo mengikuti Bimtek Posko tingkat Provinsi. Ilmu yang di dapatkan dalam Bimtek tersebut wajib di sosialisasikan kepada para relawan yang notabenenya merupakan petugas Posko PB PMI.

“Kemaren Mas Aris selaku yang membidangi Penanggulangan Bencana mengikuti Bimtek Posko tingkat Provinsi. Hasil dari Bimtek itu kan perlu kita sosialisasikan juga kepada para petugas Poskonya yakni relawan. Agar Posko PMI Sukoharjo dapat mengaplikasikan semua petunjuk teknis dan pelaksanaan sesuai yang telah di tetapkan PMI,” ujar Ismoyo Sidiq, Minggu (2/2).

Dalam Bimbingan Teknis Posko PMI tersebut sejumlah materi di berikan diantaranya mengenai Sistem Pelaporan, Penghimpunan dan Penyajian Data Posko. Selain itu juga di sosialisasikan terkait petunjuk teknis dan tata tertib posko agar dapat dilaksanankan dengan baik oleh para petugas Posko yang mayoritas merupakan Anggota Korps Sukarela (KSR) PMI Kabupaten Sukoharjo.  

“Jadi, Bimtek ini juga sebagai ajang evaluasi Posko PB yang telah kita dirikan selama 2 bulan. Ada beberapa hal yang perlu di evaluasi salah satunya adalah terkait pelaporan dan keakuratan data. Data ini sangat penting sebagai dasar tindak lanjut Posko melangkah jika memang benar terjadi bencana. Selain itu, data juga berguna untuk menetapkan status bencana atau peringatan dini kepada masyarakat,” jelas Aris saat memberikan materi Bimtek Minggu (2/2).