Oleh-Oleh Dari Karanganyar

PMI Sukoharjo — Sabtu (6/7) pagi, Forpis PMI Kabupaten Sukoharjo berkunjung ke Markas PMI Karanganyar dan SMA Negeri Mojogedang. Kunjungan tersebut, dalam rangka Studi Banding dengan Forpis PMI Karanganyar dan Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Negeri Mojogedang.

Terdengar riuh bersahutan dari arah peserta Studi Banding, sesaat sebelum berangkat menuju Bus yang sudah terparkir di depan Markas PMI Sukoharjo pagi itu. Ya, mereka sangat bersemangat. Dengan seragam PMR yang identik putih biru dan bersetangan leher kuning beratribut, mereka terlihat sangat percaya diri.

Menimba ilmu, itulah tujuan utama kunjungan ini. Mereka masih mencari-cari apa yang belum mereka ketahui di luar sana. Karena mereka percaya bahwa Ilmu itu tidak akan klimaks. Selalu ada hal-hal yang baru seiring waktu yang terus diperbaharui.

Beberapa hari setelah kegiatan berlangsung,  salah satu Anggota Forpis PMI Sukoharjo Azizah Nur Fatimah mengungkapkan kepada penulis,  bahwa ada banyak hal  yang telah mereka dapat dari kunjungan di Forpis PMI Karanganyar dan PMR SMA Negeri Mojogedang. Bukan hanya teman dan sahabat baru saja, melainkan perasaan puas karena mereka mendapat apa yang mereka inginkan.

“Kami mendapat banyak pengetahuan mulai tentang Manajemen dan Program, hingga Produk Wirausaha Berbahan Nabati dari Kearifan Lokal Kabupaten Karanganyar. Penyambutan yang luar biasa di SMA Negeri Mojogedang juga membuat kita speechless. Disana banyak sekali kejutan. Perkenalan yang unik, yel-yel serta tari-tarian yang menarik, membuat suasana hati kami riang,” ungkap Fatimah.

Menurut Fatimah, berkaca dari studi banding ke Karanganyar tersebut, bahwa disisi lain menjalankan misi kemanusiaan, ternyata PMR juga dapat mengisi kegiatan seperti kewirausahaan dan kebudayaan serta memadumadankannya.

“Ya, kami dapat hal baru. Ternyata disela menjalankan misi kemanusiaan kita juga dapat mengisi kegiatan dengan berwirausaha dan budaya. Di SMA Mojogedang contohnya, kami melihat kebun PMR, Kerajinan Tangan dari barang bekas,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Forpis PMI Sukoharjo juga mendapat kesempatan mempresentasikan Manajemen dan Program yang di miliki. “Kami saling membuka sesi tanya jawab. Dalam segi positif kita bandingkan mana yang paling baik untuk dapat kita terapkan kedepannya,” imbuhnya.

Diharapkan Studi Banding Forpis Sukoharjo kepada Forpis PMI Karanganyar dan PMR SMA Negeri Mojogedang ini, dapat membawa manfaat kepada semua pihak yang telibat, terlebih bagi Forpis Sukoharjo sendiri. Sehingga dapat menambah kualitas dan kuantitas Sumber Daya yang dimiliki Forpis kedepannya.

Sementara itu melalui akun Instagramnya, Santi Staf Markas PMI Kabupaten Sukoharjo menyampaikan apresiasi dan support kepada Forpis PMI Kabupaten Sukoharjo. Ia meminta Forpis untuk terus semangat dan berkembang melaksanakan misi serta program-program berikutnya. “Icon tepuk tangan dan dua jempol. @forpissukoharjo segera lanjut program selanjutnya,” tulis @Shanty_Laron. Dan kemudian di balas lagi oleh akun @forpissukoharjo, “Terimakasih atas kesempatan dan support yang diberikan kak.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *