Peringati HUT 74 PMI dan Menuju Kampus Siaga Bencana

PMI Sukoharjo — Dalam rangka memperingati HUT ke 74 Palang Merah Indonesia, PMI Kabupaten Sukoharjo menggelar berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan PMI Sukoharjo pada Minggu (29/9) adalah Latihan Bersama Water Rescue.

Kegiatan Latihan Bersama Water Rescue di gelar di Danau Salsabila UMS Pabelan Kartasura, di ikuti oleh 90 peserta yang terdiri dari Korps Sukarela (KSR) Unit Markas 30 orang, KSR Unit IAIN 30 orang dan KSR Unit UMS 30 orang.

Kepala Markas PMI Kabupaten Sukoharjo Ismoyo Sidik menjelaskan bahwa kegiatan “Latihan Bersama Water Rescue” merupakan rangkaian kegiatan PMI Sukoharjo dalam memperingati HUT 74 PMI tahun 2019, dengan tema “Kita Tangguh Indonesia Maju”.  Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini dapat menambah bekal relawan dalam hal pertolongan air.

Menurut Ismoyo, wilayah  kabupaten Sukoharjo merupakan wilayah yang beresiko besar terhadap bencana banjir. Oleh karena itu pihaknya perlu meningkatkan kapasitas relawan dalam pertolongan air, termasuk memilih lokasi latihan di Kartasura yang notabenenya pada beberapa waktu terakhir menjadi daerah yang sering terdampak banjir.

“Dilingkungan UMS ini sendiri juga rawan terjadi bencana banjir. Kita gelar latihan bersama KSR Unit Markas, KSR Unit UMS dan KSR Unit IAIN ini juga agar nantinya mereka yang lebih dominan berada di wilayah Kartasura, dapat menjadi penyelamat awal dan tangan panjang PMI dalam penanganan bencana di sini,” ungkap Ismoyo.

Kegiatan ini juga merupakan awal project PMI Sukoharjo dalam program “Kampus Siaga Bencana” serta memperluas cakupan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

“Semoga mereka dapat mengimplementasikan ilmu kesiapsiagaan bencana dan kepalangmerahan di lingkungan internal kampus maupun kepada masyarakat di sekitar kampus,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Latihan Bersama Water Rescue yang juga Komandan KSR Unit Markas PMI Sukoharjo Haryono mengatakan, kegiatan latihan bersama di bagi dalam dua sesi latihan yakni teori dan sesi praktek atau simulasi. Sejumlah materi yang diberikan di antaranya defeance release, penjangkauan korban dan olah gerak perahu.

“Untuk pemateri sendiri selain dari Staf Bidang Penanggulangan PMI Sukoharjo, kita juga bekerjasama dengan SAR Kabupaten Sukoharjo. Kita gunakan dua perahu motor, satu dari Markas  PMI Sukoharjo dan satu dari BPBD Kabupaten Sukoharjo,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *