Kabar PMI — Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Sukoharjo terus berupaya meningkatkan pelayanan donor darah agar ketersediaan darah pada masa pandemi covid-19 terjamin.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Sukoharjo dr. Gunadi mengungkapkan, pihaknya terus fokus pada kegiatan aksi untuk mempermudah akses masyarakat dalam keikutsertaannya pada donor darah.

Sejumlah gagasan awal, program peningkatan pelayanan donor darah telah dikoordinasikan dengan jajaran pelaksana teknis di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Sukoharjo.

Salah satu action pelayanan yang mulai akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 ini adalah pembukaan Posko Donor Darah di sejumlah lokasi Puskesmas di Kabupaten Sukoharjo.

Meskipun kegiatan mobile unit donor darah keliling juga telah berjalan sebagai wadah jemput bola bagi pendonor, namun pembukaan Posko Donor Darah di wilayah wilayah pinggiran dirasa akan lebih menggugah minat donor darah masyarakat yang jaraknya jauh dengan Markas PMI.

Ada sedikit perbedaan antara Mobile Unit Donor Darah Keliling dengan Posko Donor Darah. Mobile Unit merupakan layanan jemput bola yang bekerjasama dengan komunitas maupun penyelenggara event donor darah secara kolektif, sementara Posko merupakan pelayanan yang rutin terjadwal setiap minggu di wilayah pinggiran atau perbatasaan seperti Kartasura, Weru, Mojolaban dan dapat melayani pendonor secara personal.

Diharapkan upaya yang dilakukan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Sukoharjo untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mendapatkan feedback yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *