Kabar PMI — Sekretaris PMI Kabupaten Sukoharjo Sunarto, secara resmi mengukuhkan Anggota Korps Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR) Angkatan IV di Halaman Markas PMI Sukoharjo Minggu (14/2).

Anggota KSR dan TSR yang dikukuhkan adalah anggota yang telah mengikuti Orientasi Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) yang dilaksanakan secara bertahap pada bulan Januari dan Februari 2021.

Sebelum mengikuti Diklatsar, mereka telah mengikuti tahapan seleksi, mulai dari administrasi, kesehatan hingga wawancara.

Usai mengukuhkan Anggota KSR dan TSR Angatan IV, Sunarto menyampaikan harapannya agar para Anggota Relawan ini dapat menjadi penopang program-program yang telah dilaksanakan oleh PMI selama ini.

Menurutnya melalui Pendidikan dan Latihan, mereka telah dipersiapkan untuk menjadi ujung tombak PMI. Mereka memiliki kapasitas, tangguh, handal, loyal, profesional, bertanggung jawab serta berjiwa sosial yang tinggi.

“Setelah mengikuti diklatsar, para peserta telah mendapatkan wawasan dan bekal keterampilan tentang kerelawanan PMI, khususnya dalam menopang program PMI seperti penanggulangan bencana, penyiapan dapur umum, maupun kegiatan lain seperti upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19 yang saat ini sedang mewabah dan ditetapkan KLB di kabupaten sukoharjo. Merekalah ujung tombak PMI nantinya,” ungkap Sunarto.

Diketahui, sebelum dikukuhkan, Anggota KSR dan TSR telah dibekali pengetahuan dasar tentang kepalangmerahan. Mereka juga dibekali materi tentang management bencana, pertolongan pertama/ P3K dan penguatan karakter serta motivasi organisasi.