Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa saat kita membutuhkan darah tidak gratis, padahal saat mendonorkan darah saja gratis, apakah darah dari pendonor di jual?

Jawabannya adalah DARAH TIDAK DIJUAL! Untuk menghasilkan darah atau memastikannya bebas dari penyakit menular dan sehat bagi calon penerima transfusi darah, darah perlu diolah dan discreening melalui uji laboratorium.

Biaya yang muncul saat anda membutuhkan darah di PMI adalah Biaya Pengganti Pengolahan Darah atau BPPD. Biaya tersebut di pergunakan untuk mengganti biaya pengolahan darah mulai dari proses pra pengambilan darah, aftap, screening, hingga uji cocok serasi.

Perlu diketahui hampir seluruh komponen dan bahan atau alat yang dipergunakan untuk pengambilan darah seperti jarum, anti sera untuk mengecek golongan darah, cek haemoglobin, kantong darah, hingga proses pengolahan darah di laboratorium mulai dari uji saring infeksi menular lewat transfusi darah sampai pada uji cocok serasi perlu dibeli.

Oleh karena itulah kita perlu mengeluarkan biaya ketika membutuhkan darah untuk mengganti biaya pengolahan darah. Hal itu juga menjamin bahwa darah yang akan di transfusikan kepada calon pasien adalah benar-benar aman dan bebas dari penyakit menular melalui transfusi darah.