PMI Sukoharjo Gelar In House Training PPI

Kabar PMI — PMI Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan In House Training Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) serta Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) bagi seluruh Karyawan PMI, di Aula PMI Kabupaten Sukoharjo, Senin (5/2/2024).

Kegiatan tersebut dibuka secara simbolis oleh Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Sukoharjo, dr. Gunadi, MMR. Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut diantaranya adalah dokter-dokter yang merupakan Ketua Tim PPI dan MFK di Puskesmas Sukoharjo.

Sejumlah materi mulai dari upaya-upaya standar dan prosedur pencegahan infeksi baik untuk pasien, tamu maupun petugas atau pegawai, di dalam Kantor PMI diulas dalam pelatihan ini. Kesiapan fasilitas, sarana, prasarana yang mendukung keselamatan juga menjadi materi training kali ini.

Dalam kegiatan juga dilakukan simulasi tentang “Code Blue” atau kode warna yang terdapat di rumah sakit atau instansi kesehatan lainnya yang digunakan untuk memberitahu tim respon cepat mengenai adanya kondisi gawat darurat dan lokasi terjadinya.

Petugas yang berkerja di instansi kesehatan wajib mengetahui arti dari kode yang digunakan karena merupakan tanda dari kondisi kegawatdaruratan yang perlu dilakukan tindakan segera. Code blue adalah kode sistem aktivasi untuk kondisi gawat darurat jika terjadi pasien atau orang yang membutuhkan pertolongan dan penanganan medis sesegera mungkin seperti pada kasus orang mengalami henti jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *